Tangkap 4 Pelajaran Bisnis di Balik Kesuksesan Pokemon Go!

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Sebuah kafe di Melbourne, Australia, memberikan diskon khusus bagi para pemain game Pokemon GO dengan menunjukkan Pokémon tertentu yang ditangkapnya. Bukan itu saja, di berbagai penjuru dunia ada banyak pelaku usaha yang memanfaatkan Pokemon GO untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Game berbasis Location Augmented Reality ini memang sedang booming di seluruh masyarakat dunia, termasuk juga Indonesia. Bagi Anda yang tidak tahu, Pokemon Go merupakan aplikasi game di smartphone yang membuat para pemainnya seolah menjadi Pokemon trainer di dunia nyata karena fitur Augmented Reality tersebut. Anda dapat berkeliling di berbagai tempat untuk menangkap Pokémon, bertarung melawan pemain lain di Gym, mengumpulkan item, menetaskan telur Pokemon, dan sebagainya.

Nintendo sebagai salah satu pemilik saham The Pokemon Company yang memegang hak milik atas franchise Pokemon ikut terkena imbas positif atas kesuksesan game tersebut. Saham Nintendo di bursa naik drastis hingga lebih dari 50 persen dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum game yang dikembangkan oleh Niantic ini meluncur ke publik.

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia HaloMoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa kesuksesan Pokemon Go juga dapat diterapkan bagi Anda yang akan atau sedang merintis bisnis sendiri.

“Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah belajar dari bisnis lain yang telah lebih dulu sukses. Meskipun jenis bisnis yang Anda jalani belum tentu sama, Anda tetap bisa mengadopsi berbagai hal yang membuat bisnis tersebut sukses,” kata Jay.

Setidaknya, ada empat pelajaran bisnis yang bisa kamu tangkap di balik kesuksesan Pokemon Go. Can you catch ‘em all for your business?

1. Wujudkan Mimpi

Pelajaran pertama, wujudkan mimpi konsumen Anda. Kesuksesan Pokemon Go tidak bisa dilepas dari franchise induknya, Pokemon yang sangat populer sejak tahun 1990-an. Franchise tersebut diciptakan oleh Satoshi Tajiri dari Jepang dan diawali dari platform video game yang kemudian berkembang ke ranah anime (film kartun Jepang), trading card game, mainan, dan sebagainya. Tema mendasar yang ada pada Pokemon adalah seorang Pokemon trainer yang betualang mengumpulkan berbagai Pokemon dan menjadi seorang Pokemon Master.

Banyak orang-orang penggemar franchise tersebut yang kini tumbuh dewasa dan masih ‘memendam’ imajinasi sebagai Pokemon trainer. Game Pokemon sukses mewujudkan mimpi tersebut di dunia nyata dan membuat banyak penggemarnya sangat antusias memainkan game yang satu ini. Selain Pokemon Go, Anda juga sebenarnnya bisa melihat hal yang sama pada salah satu perusaahan ojek online yang sukses mewujudkan mimpi mudah bepergian ke mana-mana dengan tarif murah. Mewujudkan mimpi konsumen Anda adalah kunci utama agar bisnis Anda bisa sukses keras.

2. Inovasi dan Kreativitas

Pelajaran kedua, gunakan inovasi dan kreativitas. Salah satu hal yang menyebabkan kesuksesan Pokémon GO adalah fitur Augmented Reality yang memanfaatkan lokasi di dunia nyata. Game ini ‘memaksa’ Anda sebagai pemain untuk pergi ke berbagai tempat demi mengumpulkan item atau menangkap Pokemon. Sangat berkebalikan dari kebanyakan game yang umumnya bisa dimainkan tanpa perlu melangkah sedikitpun dari kamar tidur Anda.

Inovasi atas game ini mampu membuat Pokemon Go menjadi salah satu game yang sangat sukses, melebihi popularitas Ingress. Game tersebut juga dibuat oleh Niantic dan sama-sama berbasis Location Augmented Reailty. Namun, kreatif mengawinkan fitur inovatif tersebut dengan franchise Pokemon yang telah disukai banyak orang terbukti mampu mendongkrak kesuksesan Pokemon Go.

3. Dengarkan Mereka

Pelajaran ketiga, dengarkan suara konsumen. Sebelum meluncurkan Pokemon Go, Niantic melakukan survey terlebih dahulu dengan mengadakan beta test terhadap sejumlah calon konsumennya di Jepang, Amerika, Australia, dan Selandia Baru. Mereka mendengarkan berbagai kekurangan yang ada pada game tersebut dan memolesnya sebelum game tersebut resmi diluncurkan ke publik.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga perlu mendengarkan suara konsumen dari Anda. Cobalah survei apa yang menurut mereka kurang dari produk bisnis Anda, area apa yang bisa dikembangkan lebih lanjut, lalu apa yang menjadi kelebihan produk bisnis Anda untuk tetap dipertahankan.

4. Teruslah Berkembang

Pelajaran terakhir, jangan berhenti untuk berkembang. Dalam berbagai wawancara, CEO Niantic John Hanke menyatakan bahwa Pokémon GO akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan para pemainnya. Banyak inovasi atas berbagai fitur game yang akan ia kembangkan lebih lanjut, seperti penambahan fungsi pada gym dan Pokéstop, improvisasi atas fitur Augmented Reality, dan sebagainya.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu tidak bisa berhenti dengan mudah di tengah jalan. Ketika Anda memutuskan untuk ‘diam di tempat’, maka bisnis Anda akan sulit untuk berkembang. Carilah berbagai ide untuk terus mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

(ss, Rifan Financindo)

Tinggalkan komentar